Jurusan Ilmu Komunikasi UNSOED Geliatkan Semangat Peningkatan Mutu Akademik

Kualitas universitas ditentukan oleh kualitas tiap prodi atau jurusan yang menjadi ujung tombak penyelenggaraan proses pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Rabu 26 Oktober 2016 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Illmu Sosial dan Ilmu Politik UNSOED  mengadakan workshop Peningkatan mutu Akademik. Bertempat di ruang rapat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNSOED, workshop diikuti oleh seluruh dosen  Jurusan Ilmu Komunikasi, workshop ini mengundang Ir. Juni Sumarmono, Ph.D dari  Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNSOED sebagai narasumber. Dalam paparannya Juni menyatakan bahwa banyak standar mutu yang harus dipenuhi untuk dapat memenuhi standar pendidikan yang sesuai yang telah ditetapkan DIKTI. Standar itu mencakup kompetensi lulusan, isi pembelajaran, dosen dan tenaga kependidikan yang profesional hingga standar sarana dan prasarana pembelajaran.

 

Terkait dengan visi UNSOED di tahun 2034 yaitu “Diakui  dunia  sebagai  pusat  pengembangan  sumberdaya  perdesaan dan kearifan lokal”, maka Jurusan Ilmu komunikasi merasa bertanggung jawab untuk ikut serta mewujudkan visi UNSOED tersebut.  Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dr. Agoeng Noegroho,M.Si mengatakan, “ Kegiatan ini merupakan salah satu langkah Jurusan Ilmu Komunikasi untuk mewujudkan  Jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed menjadi jurusan yang memiliki standar yang lebih baik sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. “  Dalam kesempatan ini, Agoeng juga mengungkapkan bahwa penyelenggaraan workshop ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan pihak universitas   agar dapat terus menjaga kualitas peyelenggaraan pendidikan di UNSOED.

Ilmu Komunikasi yang telah berhasil meraih akreditasi A selalu merasa perlu untuk terus meningkatkan kualitas mutu pendidikannya. Dengan demikian  dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai harapan masyarakat.  Maka dengan adanya penyelengaraan workshop ini diharapkan akan lebih dapat memberikan masukan mengenai  penyusunan rencana kegiatan pengembangan jurusan untuk dapat mencapai visi misi yang akan ditetapkan. Selanjutnya Jurusan Ilmu Komunikasi akan melakukan evaluasi terus menerus demi peningkatan kualitas Jurusan di masa depan.

(Pidje/tna)