SOCIAL MEDIA FOR STRATEGIC PR MERIAHKAN RANGKAIAN DIES NATALIS ILMU KOMUNIKASI KE 18

Purwokerto (4/11). Rangkaian Dies Natalis Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman ke 18 semakin meriah dengan Workshop Digital Public Relation yang diselenggarakan pada hari Kamis, 03 November 2016 di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sosial Media for Strategic PR merupakan tema yang diusung pada workshop kali ini. Workshop Digital Public Relation merupakan kolaborasi antara tim Jurusan Ilmu Komunikasi dengan HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi). Tujuan diusungnya tema tersebut ialah penyelenggara ingin memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Sosial Media yang digunakan sebagai “alat” Public Relation Officer dalam menyelesaikan tugas – tugas Kehumasan.

 

Ketiga pembicara yang mengisi materi Workshop Digital Public Relation merupakan praktisi – praktisi pada bidang kehumasan. Ketiga pembicara tersebut, antara lain : Ir. Bayu Nimpuno, MBA yang merupakan Corporate Communication PT. Bakrie & Brothers Tbk, Rio Nurhasdy, M.A seorang Digital PR Consultant Fortune PR, dan yang terakhir Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si yang merupakan seorang akademisi dan praktisi Public Relation di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED.

Pembicara pertama, Ir. Bayu Nimpuno menyampaikan tentang dasar – dasar PR dan sedikit perkenalan tentang sosial media yang berkaitan dengan Public Relation. Pembicara kedua, Rio Nurhasdy menjelaskan tentang bagaimana seorang Public Relation harus memanfaatkan sosial media sebagai alat dalam menjalankan tugas kehumasannya. Sedangkan Dr. Wisnu Widjanarko menjelaskan tentang bagaimana praktisi kehumasan mampu menyelesaikan konflik kehumasan menggunakan sosial media.

“Media Sosial apapun merupakan hal yang penting dalam pembentukan strategi PR. Namun, bagaimanapun seorang humas tidak boleh melupakan pesan penting atau key message pada khalayaknya.” Kata Bayu Nimpuno dalam materi yang ia sampaikan.  

Workshop Digital PR terbagi menjadi 2 sesi atau dua bagian, yakni bagian materi yang diisi dengan materi dan disampaikan dalam bentuk seminar oleh ketiga pembicara. Selanjutnya, sesi kedua diisi dengan praktek. Peserta workshop diminta untuk menyelesaikan suatu kasus yang berkaitan dengan teori – teori kehumasan menggunakan sosial media dan pesan – pesan kehumasan kepada khalayak.

Workshop Digital PR merupakan salah satu workshop yang tergolong baru dan “fresh” dalam dunia Komunikasi khususnya di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED. Workshop ini merupakan bagian dari digital week dan tema dari Dies Natalis Komunikasi yang memaknai bahwa Komunikasi bertambah dewasa dengan ulang tahunnya ke 18 (Kn/tna).