Sekilas Pandang

Sekilas S1 Ilmu Komunikasi UNSOED

Deskripsi

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi secara administratif berada di bawah Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UNSOED. Berdiripadatahun 1998 melalui Keputusan Ditjen Dikti No. 337/DIKTI/Kep/1998 tertanggal 23 September 1998, saat ini telah memiliki akreditasi ‘A’ yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) berdasarkan SK No. 025/2009 tertanggal 28 Agustus 2009.

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Unsoed memiliki kekhasan dibandingkan program-program studi sejenis dari perguruan tinggi lain, yakni mendidik calon-calon sarjana untuk memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan teknis di bidang jurnalisme, hubungan masyarakat, penyiaran dan periklanan yang berorientasi pada pengembangan sumberdaya pedesaan dan kearifan lokal. Untuk meraih capaian tersebut, maka Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki laboratorium yang memiliki kapasitas dalam melayani praktikum, antara lain di bidang fotografi, desain grafis, sinematografi, radio siaran dan multimedia. Dalam waktu dekat Laboratorium Ilmu Komunikasi juga hendak mewujudkan pelayanan praktikum audiovisual melalui studio mini televisi.

Materi Kuliah Utama

Terdapat 32 mata kuliah wajib khas Program Studi S1 Ilmu Komunikasi. 17 mata kuliah wajib merupakan mata kuliah konseptual, yakni Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Metode Penelitian Komunikasi, Etika & Filsafat Komunikasi, Psikologi Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Teknologi Komunikasi, Komunikasi Antarpersona, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi Lintas Budaya, Komunikasi Politik, Pers, dan Hubungan Masyarakat. 15 mata kuliah wajib merupakan mata kuliah praktikum, yakni Retorika, Fotografi, Komputer & Multimedia, Sinematografi, Komunikasi Visual, Jurnalistik Media Cetak, Jurnalistik Media Elektronik, Produksi Siaran Radio, Produksi Siaran TV, Iklan Media Cetak, Iklan Media Elektronik, Teknik Kehumasan, Manajemen Kehumasan, Komunikasi Bisnis dan Kerja Praktek. 

Kerjasama

Pada tahun 2005 Program Studi Ilmu Komunikasi mendapatkan hibah Sp4, yang diikuti dengan hibah PKPP pada tahun 2010. Selain itu, Program Studi Komunikasi Unsoed juga menjalin kerjasama dengan instansi terkait seperti hotel-hotel terkemuka di Purwokerto dan Bali, stasiun radio lokal, production house, media cetak lokal serta nasional, dan beberapa stasiun televisi swasta, dalam bentuk pelaksanaan magang/kerja praktek, praktikum, serta kuliah kerja lapangan (visiting studies).

Prospek Kerja

Lulusan S1 Ilmu Komunikasi didesain untuk mampu bekerja sebagai wirausaha mandiri, jurnalis, praktisi kehumasan, praktisi periklanan, produser dan penyiar radio/televisi serta penyuluh/konsultan program pembangunan pedesaan.