Pelatihan Jurnalistik "Video Streaming, Citizen Journalism" yang diadakan CyberNews.TV Suara Merdeka

Harian surat kabar Suara merdeka bekerjasama dengan himakom unsoed menggelar acara dalam pelatihan jurnalistik "Video Streaming, Citizen Journalism" yang diadakan CyberNews.TV di Kampus Fisip Univesitas Jendral Soedirman, Purwokerto, pada hari Kamis tanggal 14 April 2011. Acara ini berisikan kegiatan seminar tentang ruang lingkup pekerjaan di media massa, baik itu media cetak dan media elektronik. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa tanpa biaya tiket masuk kegiatan pelatihan tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri Dekan Fisip Unsoed Muslihudin MSi, PD3 Fisip Unsoed Bambang Suswanto MSi, dan Ketua Jurusan Komunikasi Unsoed Mite Setiansah MSi. Sebagai pembicara, turut hadir Kabiro Suara Merdeka Banyumas Sigit Harsanto, IT CyberNews TV Zaenal Arifin, dan Pemimpin Redaksi Suara Merdeka CyberNews Setiawan Hendra Kelana sebagai moderator.

Pembicara pertama yaitu Sigit harsanto yaitu Kepala Biro Suara Merdeka Purwokerto yang juga merupakan alumni FISIP Unsoed mengemukakan bahwa Jurnalisme “dunia penuh tanda tanya”. Sigit Harsanto memberikan tips untuk perserta kegiatan pelatihan yaitu prinsip dalam menulis berita yaitu  : 1. Keep it short and simple and tell (simpel dan bercerita), 2. Pilih kata-kata yang lazim, 3. Hindari tambahan kata yang tidak perlu, 4. Beri kekuatan pada kata kerja, 5. Gunakanlah kalimat aktif, 6. Gunakan istilah yang bisa digambarkan oleh pembaca, dan 7. Menulislah untuk menyatakan.

Pembicara kedua yaitu Solahudin dari MNCTV pada kesempatan ini menyampaian materi tentang Teknik Pengambilan Gambar Video Jurnalis.  Solahudin berbagi pengalaman nya yang membuat dirinta meningkatkan kualitas pengambilan gambar untuk berita dari segi teknik menurut segala pengalaman dalam lapangan pekerjaannya selama ini sebagai wartawan media elektronik. Menurutnya, kredibilitas stasiun televisi bisa turun drastis dalam satu malam saja, jika reporter dan juru kamera gagal mendapatkan gambar dari sebuah peristiwa penting. Dalam kesempatan ini juga Solahudin berbagi teknik pengambilan gambar atau video dalam peliputan berita dari berrbagai teknik sesuai dengan makna dari pengambilan gambar untuk berita tersebut. Berkaitan dengan teknik pengambilan gambar kamera dapat dilakukan melalui lima cara yaitu : Bird Eye, High Angel, Low Angel, Eye Angel, dan Frog eye. Dikatakannya, tanggung jawab seorang juru kamera (camera person) meliputi semua aspek teknis pengambilan atau perekaman gambar. Juru kamera juga harus bisa memastikan bahwa ia dapat meminimalisir kesalahan ketika tengah mengambil gambar.

Penyampaian materi menjadi lengkap dengan materi “Proses Produksi Video Streaming Cybernews.tv” oleh Zaenal Arifin yang memberikan tips proses pembuatan video streaming hingga mengunggahnya ke cybernews.tv

Acara ini di akhiri dengan pembagian hadiah kenang-kenangan dari Suara Merdeka kepada para peserta kegiatan pelatihan ini yang selama acar berlangsun ikut berpartisipasi dalam forum tanya jawab bersama para pembicara.