KIPRAH MAHASISWA FISIP DALAM AJANG NUSANTARA MODEL UNITED NATIONS (NuMUN )

(komunikasi.unsoed.ac.id) Kementrian Luar Negeri tahun 2012 ini menyelenggarakan acara model united nations atau yang disebut NuMUN. Acara bergengsi yang kali ini bertajuk Memberdayakan Gerakan Sosial untuk Dunia yang Lebih Baik ini  diadakan di Bandung 17-20 April  dengan partisipan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Nusantara model united nations(NuMUN) merupakan salah satu acara simulasi sidang PBB yang pertama kali diselenggrakan oleh Kementerian Luar Negeri  bekerjasama dengan Universitas Islam Bandung (unisba), Univeristas Katolik Parahyanagan ( Unpar) dan seven floor consultating sebagai lembaga resmi konsultasi penyelenggaran model united nations.

Dalam acara tersebut Universitas Jenderala Soedirman mengirimkan perwakilannya yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( Fisip ), terdiri 6 mahasiswa Hubungan Internasional( HI ) dan satu mahasiswa  Jurusan Ilmu Komunikasi. Mahasiswa HI Unseod masuk di committee general assembly dan mahasiswa komunikasi masuk di committee ecosoc.  Mereka adalah Anindhita Pf , Elok Faiqotul, Eva Fauzyah, Nibras Fadhilah, Qisty Anzilny,Yulia dan Iyan Noviyana.

Berikut ini laporan lengkap NuMUN yang ditulis oleh  Iyan Noviyana mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2009 yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

MODEL PBB

Model United Nations (Model PBB) adalah simulasi konferensi PBB di mana delegasi berperan sebagai wakil dari negara anggota PBB. Dalam simulasi, para delegasiakanbernegosiasi dan bertindak sesuai dengan kepentingan negaranya dalam membahas tentang isu-isu internasional. Delegasi akan membahas tentang bagaimana memecahkan masalah global dengan menghormati kedaulatan negara-negara. Setiap delegasi harus memperjuangkan usulan negara mereka yang merupakan manifestasi dari kebijakan nasional asing mereka serta memberikan ide-ide kreatif dan efektif untuk mengatasi masalah global seperti: kemiskinan, perubahan iklim dan keamanan internasional. Model United Nations (Model PBB) adalah tempat terbaik untuk meningkatkan keterampilan untuk mewakili satu negara. Pada Model PBB, delegasimengambil peran dalam mewakili sebuah negara di komite PBB. Melalui Model PBB, generasi muda kita belajar untuk menganjurkan sikap negara mereka dan memimpin forum internasional untuk menemukan solusi global untuk isu-isu global.

Model PBB telah menjadi praktik umum bagi siswa luar negeri, terutama di negara-negara Barat.Nasional Model PBB di New York juga diakui sebagai pendahulu dari Model PBB. Harvard National Model United Nations (HNMUN), didirikan pada tahun 1955, dianggap sebagai PBB Model tertua di dunia.

 Nusantara Model United Nations  (NuMUN)

Sebuah bangsa yang kuat memiliki generasimuda yang kuat yang ditentukan dengan kevokalandan pemberdayaan generasi mudanya, sebagai generasi muda yang akan menjadipemimpin masa depan bangsasehingga apabila  memiliki generasi muda yang kasar dan sinis tidak hanya menghasilkan bangsa yang yang memilki mental lemahdi era kompetisi global, tetapi juga menyebabkan disparitas dalam negara karena tidak adanya seorang tokoh bangsa yang kuat. Generasi mudatidak hanyaharus dilengkapi  oleh rasa nasionalisme yang kuat tetapi juga keterampilan untuk menyuarakan kepentingan negara untuk mewujudkan rasa nasionalisme. Keterampilan untuk ahlimewakili bangsa bukan bakat yang ditentukan, melainkan harus dipupuk sejak usia dinisayangnya Model PBB tidak cukup menjamur di Indonesia. Di negara kita Model PBB pertama kali  yang dilakukan di tingkat universitas adalah Indonesia Model PBB 2010, ketika seluruh dunia telah melakukan itu selama lebih dari setengah abad. Ini adalah waktu untuk garda depan diplomasi IndonesiayakniKementerian Luar NegeriRIuntuk memimpin dalam mengembangkanModel PBB di Indonesia. Hal ini juga penting untuk melakukan sebuah model internasional PBB untuk menjamin proses belajar yang terbaik dari mereka yang lebih berpengalaman dalam Model PBByang  relatif untuk bangsa kita. Kami percaya dengan melakukan model internasional PBB, kementerian luar negeri ( Kemenlu ) memberikan yang terbaik dan dapat melayani dengan peran edukatif sebagai gerbang utama untuk diplomasi di Indonesia serta menyiapkansampai generasi muda Indonesia untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Sebagai pemimpin masa depan bangsa, pemuda perlu belajar bagaimana untuk mewakili negara mereka serta menganjurkan sikap mereka  dengan cara persuasif. Atas dasar itu, Model PBB akan menjadi tempat yang bagus untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam diplomasi dan negosiasi. Krisis ekonomi menyebabkan ketidakseimbangan politik, yang dengan demikian akan menyebabkan gerakan demokratis. Orang-orang meminta keadilan, transparansi, dan sistem politik yang lebih baik. Terinspirasi dari transformasi global , gerakan politik di satu negara dapat memicu gerakan serupa di negara lain. Karena informasi dan pengembangan teknologi, interaksi antara warga negara global telah meningkat pesat. Dengan demikian, penting untuk mendiskusikan dan mencari solusi untuk masalah ini yang muncul dalam dinamika internasional. Oleh karena itu, tema untuk Nusantara Model United Nations adalah "Memberdayakan Gerakan Sosial untuk Dunia yang Lebih Baik."

Nusantara Mun akan menjadi ajang bergengsi bagi para delegasi untuk meningkatkan keterampilan diplomasi mereka dan memperluas jaringan mereka. Nusantara Mun akan menjadi yang pertama kalinya sebagai Model PBB di Indonesia yang diselenggarakanoleh kementerian luar negeri RI. Mengingat kemenlusebagai badan pemerintah utama yang sangat berkaitan dengan diplomasi dan negosiasi. Melihat antusiasme anak muda Indonesia dalamModel PBB, acara ini akan sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan pemuda dalam diplomasi dan negosiasi. Nusantara Mun 2012 terdiri dari kegiatanutama dan kegiatan sosial. Kegiatanutama yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan peserta, serta untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam diplomasi dan negosiasi. Kegiatan  sosial dirancang dalam lingkungan hidup untuk memfasilitasi delegasi untuk berkomunikasi dan saling mengenal.

Program- Program  Nusantara Mun 2012

Nusantara model united nations( numun ) merupakan salah satu acara simulasi siding PBB yang pertama kali diselenggrakan oleh kementerian luar negeri yang bekerjasama dengan universitas islam bandung (unisba), univeristas katolik parahyanagan ( unpar) dan seven floor consultating sebagai lembaga resmi konsultasi penyelenggaran model united nations. Numun ini diselenggarkan di bandung pada tanggal 17-20 april dengan partisipan dari berbagai provinsi di Indonesia. Sebenarnya acara simulasi sidang PBB ini sudah berkembang sekali di luar negeri terbukti banyaknya acara model united nations yang diselenggarakan misalnya terdapat Harvard national model united nations Amerika, Nayang teknologi university model united nations Singapura, model united nations Istambul turkey, dll. Berbeda dengan di luar negeri namun di indonesia acara model united nations ini cukup dibilang acara yang baru berkembang. Di Indonesia diawalioleh Imun yaitu Indonesia model united nations  ( imun) yang diselenggarakan oleh universitas Indonesia  dan kali ini melihat perkembangan model united nations dan antusiasmemahasiswa Indonesia maka Kementrian Luar Negeridi tahun 2012 ini menyelenggarakan acara model united nations atau yang disebut NuMUN. Setelah numun terdapat Jakarta model united nations ( jimun dan Jogjakarta international model united nations ( joinmun).

Model united nations memang sangat cocok sekali untuk mahasiswa hubungan internasional karena sebagai praktik dan simulasi dari teori yang mereka pelajari. Ternyata acara ini bukan hanya untuk mahasiswa hubungan internasional saja.Banyak sekali mahasiswa-mahasiswa dari berbagai jurusan yang mengikuti acara ini misal dari ilmu komunikasi, hukum, ekonomi, isip,dll  bahkan mahasiswa teknik turut aktif untuk mengikuti acara ini. Simulasi ini memang cukup terdengar baru dan menarik sehingga banyak sekali mahasiswa yang ingin mencoba pengalaman dan belajar mengeani diplomasi

Model united nations memang dituntut kita untuk belajar berdiplomasi dan negosiasi selain itu kita dituntut untuk memahami isu dan akan bermain peran. Peran disini yaitu kita akan memasuki komite yang ada di PBB misalnya general assembly ( GA ), economi and social councis ( ECOSOC) ,UNSC ( security council ) dll. Namun di acara numun ini tidak hanya belajar mengenai simulasi siding PBB saja namun disini kita belejar simulasi asean summit. Setelah kita mendapat posisi di komite otomatis dari pihak panitia akan membagikan Negara yang akan kita wakili di sidang PBBatau Asean Summit. Setelah itu, kita harus mewakili Negara tersebut dan berdiplomasi untuk menuntut hak-hak Negara tersebut

Unsoed salah satu universitas yang turut aktif adalam acara nusantara model united nations ( numun)  terdapat mahasiswa yang mengikuti acara ini. Untuk mengikuti acra ini terdapat seleksi yaitu berupa seleksi pengetahuan kita mengenai isu-isu dunia berupa essay singkat dengan beberapa pertanyaan. Perwakilan unsoed yaitu berasal dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik ( fisip ) yang terdiri 6 mahasiswa hubungan internasioan ( HI ) dan satu mahasiswa ilmu komuniaksi. mahasiswa HI unseod masuk di committee general assembly dan mahasiswa komunikasi masuk di committee ecosoc.mereka adalah Anindhita Pf ,Elok Faiqotul, Eva Fauzyah.Nibras Fadhilah, Qisty Anzilny,Yulia Dan Iyan Noviyana.

 Iyan noviyana sebagai mahasiswa dari ilmu komunikasi mewakili Negara Lesotho di economi and social council ( ECOSOC) . Sebelum memulai simulasi sidang pbb , hari pertama yaitu mengadakan workshop mengenai teknik negosiasi dan  peraturan simulasi sidang pbb dan asean summit, menuju pembentukan asean community 2015,analisis transisi politik di timur tengah, perubahan politik dalam frame untuk keamanan. pembicaranya dari kementrian luar negrei yang kredibel mereka sangat mengauasi materi dan disini peserta ditunutut untuk bertanya dan berdiskusi. Setelah hari pertama selesai maka keesokan harinya kita akan mulai melaksanakan simulasi sidang pbb pada tgl 18 april namun acara ini sungguh special karena ternyata numun ini merupakan rangkaian acara dari HUT konperensi asia afrika yang ke-57 tahun. Pembukaan untuk acara ini dibuka langsung oleh gubernur Jawa Barat dan setelah itu terdapat pengibaran bendera 106 negara Asia Afrika yang dipimpin langsung oleh Budi Bowoleksono ( Sekjen Kemenlu RI ). Seluruhdelegasi turut menyaksikan acara penaikan bendera 106 negara Asia Afrika. Ini sangat menunjukan euphoria model united nations dan Asean Summitsehingga para delegasi nampak tak sabar untuk mengikuti acara ini. Ini merupakan kali pertama saya mengikuti simulasi siding PBBsehingga disana saya banyak belajar dari teman-teman yang sudah pernah mengikuti acara seperti ini karena terdapat beberapa delegasi yang sudah mengikuti ajang ini di tingkat internasioanl salah satunya di model united nations yang bergengsi yaitu Harvard national model united nations. Mengikuti simulasi sidang ini kita bener-benar seperti seorang diplomat Negara. Kita diwajibkan memakai pakaian formal yaitu dengan memakai jas untuk pria dan wanita.

Suasana mulai tegang ketika kita memasuki acara sidang pertama, disini saya masuk di ruang sidang ECOSOC dimana terdapat perwakilan sekitar 30 delegasi yang mewakili Negaranya. Masing-masing komite berbeda jumlah anggotanya dan total semua delegasi yaitu 166 delegasi. Sebelum sidang kita diingatkan kembali mengeani peraturan untuk sidang. Tentu selama sidang ini kita diwajibkan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi kita untuk berkomunikasi, di komite ini kita membahas menganai “ fostering international development through freedom of information”  masing-masing committee membahas tema yang berbeda-beda misal di general assembly mereka membahas mengai taransisi politik di timur tengah. Tema yang diambil di committee ecosoc berfokus pada pengembangan negara-negara melalui kebebasan mendapatkan informasi sehingga focus di teknologi, ekonomi dan komunikasi. Disini terdapat Negara-negra berkembang dan Negara maju sehingga otomatis Negara maju harus membantu Negara berkembang untuk mengembangkan teknologinya.

Jalannya sidang selama 3 hari ini sungguh luar biasa setiap harinya kita melakukan dua sesi dimana satu sesi sekitar 3 jam. Acara tiap harinya dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00. sebelum sidang dimulai maka chair yang terdiri dari director, co-director dan asisten yang merupakan orang-orang yang akan memimpin sidang selama sidang berlangsung, sebelum memulai sidang chair akan meminta masing-masing negara untuk memberikan general statement-nya baik menegani negaranya maupun masalah yang diperdebatkan diberikan waktu bicara masing-masing negara hanya 2 menit dan setelah itu ketika ada pertanyaan ataupun mengajukan pendapat biasanya cuma 1 menit. Di model united nations hasil akhirnya berupadraffresolusi yang akan diimplementasikan disemua negara dan menggunakan voting untuk mengambil keputusan disetiap masalah  termasuk penentuan draft resolusi yang akan diterima karena ketika melakukan sidang PBB ini akan terbentuk kubu-kubu yang pro dan kontra terhadap solusi –solusi yang ditawarkan oleh negara-negaramaju. Berbeda dengan asean summit mereka memutuskan segalanya dengan menggunakan musyawarah mufakat tidak menggunkan voting, voting dianggap sebagai jalan terakhir dan sebagai keputusan yang tidak diinginkan.

NuMUNmemang memberikan banyak pengalamandan acara yang menarik.Dimalam terakhirterdapat acara yang namanya cultural night dimana acara ini berupa penampilan kesenian masing-masing daerah tidak hanya pertunjukan kesenian namun juga panita menganjurkan mereka untuk membawa makanan tradisioanal setempat. Pertunjukan ini dibagi menjadi beberapa group yaitu group Sumatera,Group Sulawesi, group Kalimantan, group Jabar, group Jakarta, group Jawa-Bali. Dan perwakilan Unosed masuk di group Jawa Bali disini kita menampilkan tarian bali, nyayian daerah , dan permainan cuplak-cuplak . Sementarapenampilan dari daerah lain pun sangat menarik, disini kita dapat mengenal budaya dan belajar dari budaya lain, sungguh luar biasa memang. Selain itu di acara cultural night juga terdapat makanan-makanan jajanan tradisional sunda dan itu free sehingga kita bebas menikmati apa saja diantaranya ada gado-gado, bajigur, sakuteng, sate, mie kocok, dll.acara pada malam hari ini lebih meriah ketika dari kemenlu meperkenalkan orang-orang asing yang mendapatkan beasiswa untuk belajar kesenian Indonesia, mereka menyanyikan lagu daerah dan ada juga yang performance pencak sila. Sungguh sangat bangga ketika orang asing pun ternyata ingin belajar kesenian Indonesia. Dimalam cultural night Kemenlu membuka pendaftaran untuk beasiswa belajar kesenian Indonesia yang akan disatukan dengan delegasi-delegasi luar negeri yang menerima beasiswa tersebut.

Akhirnya selama 4 hari ini telah terlalui dan kita telah menghasilkan draft resolusi untuk kepentingan dunia. Diakhir acara ini terdapat award untuk beberapa delegasi yang terbaik, penghargaan ini merupakan pengahargaan sebagai apresiasi atas perjuangan  delegasi yang telah menyumbangkan pemikirannya dan berkontribusi lebih. Masing-masing committee terdapat 3 delegasi terbaik dan ada juga delegasi yang terbaik dari keseluruhan serta best speker ketika berdiplomasi hingga akhirmya acara ini ditutup oleh perwakilan dari kementerian luar negeri.

Ayo mahasiswa Unsoed, terus torehkan prestasi , gali pengalaman sebanyak-banyaknya dan relasi dengan mahasiswa lain sebanyak-banyaknya. Kita merupakan jendral yang harus bergaung di kancah nasional maupun internasional. Regards(iyan/tna).