Prosiding Seminar

 

Prosiding Seminar :

MENGGAGAS PENCITRAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

HALAMAN DEPAN

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

1.         Komunikasi Politik  Dan Diplomasi  Berbasis  Kearifan Lokal (Analisis PILKADA Dalam Proses Kampanye Politik) Oleh: Dr. Afrina Sari.M.Si, Universitas Islam “45” (UNISMA) Bekasi                             

2.         MemaduLokalitas Pariwara, Menggapai Kualitas Komunikasi Bermakna,  Oleh: Agus Ganjar Runtiko. UniversitasJenderal Soedirman

3.         Local WisdomMedia Iklan Luar Ruang di Aceh Oleh:Ainol Mardhiah dan Ade Muana Husniati. Universitas Malikussaleh, Aceh

4.         Pencitraan Kota Solo melalui Revitalisasi Busana Tradisional  pada Pegawai Pemerintah Kota, Oleh: Alvika Hening Perwita, Poundra Swasty Ratu Maharani Serikit, Chatia Hastasari. Universitas Sahid Surakarta                                                                                                                                 

5.         Strategi Media relations Perusahaan Multinasional di Tingkat Lokal (Strategi Media relations Hotel Sheraton Surabaya Terhadap Media Lokal di Surabaya),Oleh: Anastasia Yuni Widyaningrum. Universitas Katolik  Widya Mandala Surabaya                           

6.         Komunikasi  Pemerintahan Daerah  Berbasis  Kearifan  Lokal Oleh: Andy Corry Wardhani. Universitas Lampung

7.         Media Komunitas Dan Junalisme Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal  (Studi pada Situs www.suarakomunitas.net dalam Pemberitaan Isu-isu Perubahan Iklim) Oleh: ARYO SUBARKAH EDDYONO, S.Sos. M.Si.  Universitas Bakrie – Jakarta.

8.         Komunikasi PolitikBerbasis Kearifan Lokal, Oleh: Aziz Taufik Hirzi. Universitas Islam Bandung 

9.         Keberhasilan Citizen Jounalism  Dalam Pembangunan Berbasis  Kearifan Lokal, oleh: S. Bekti Istiyanto. Universitas Jenderal Soedirman.

10.     Community PolicingPolresta Surakarta. Oleh: Chatia Hastasari, ­Alvika Hening Perwita, Poundra Swasty Ratu Maharani Serikit . Universitas Sahid Surakarta.

11.     Komunikasi Transendental dan Kearifan Lokal dalam Kesenian Tradisional Banyumas. Oleh: Chusmeru. Universitas Jenderal Soedirman.

12.     Soesilo Bambang Yudhoyono: Sukses Merebut Hati Rakyat Sebagai Pemimpin Yang Santun dan Berbahasa Indonesia Dengan Baik. Oleh: H.H. Daniel Tamburian.,M.Si. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

13.     PendekatanKearifan Si Tou Timoutumoutou Dalam Meningkatkan Kinerja Birokrasi Di Sulawesi Utara. Oleh:  Daud M. Liando. Fisip Universitas Sam Ratulangi.

14.     Mengusung Radio Komunitas Sebagai Basis Kearifan Lokal  Oleh: Dede Lilis Ch. & Nova Yuliati. Unisba. Bandung.

15.     Peluang Dan Tantangan Membangun Media Penyiaran Berbasis Kearifan Lokal  Di Jawa Barat.  Dr.Dedeh Fardiah,M.Si-FIKOM UNISBA

16.     Menggagas Periklanan  TelevisiYang Santun  Dengan Mengangkat Kearifan Lokal Bahasa Jawa. Oleh: Dian Marhaeni K. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

17.     HarmonisasiKearifan  LokalDenganJiwaNasionalismeDalamIklanTelevisi. Oleh: Dicky Andika. Universitas Mercu Buana Jakarta.

18.     Penjahat Proletar Ala Bajuri  (Realisme dalam Komedi Situasi Bajaj Bajuri),   Edisi ‘Jalani Lebaran dalam Tahanan’) . Oleh: Djati. Akindo.

19.     SimbolVisualDalamProsesPenandaanPenampilanLadyGaga. Oleh: Ekky Fardhy Satria Nugraha. Program Studi Desain Komunikasi Visual  STIKOM Surabaya.

20.     Filsafat Kearifan  Lokal Etnik Sunda dan Ilmu Pengetahuan Barat. Oleh: Elvinaro Ardianto. Fikom Unpad                                                                       

21.     ‘Eating Out’Makanan Khas Daerah: Komoditas Gaya Hidup Masyarakat Urban. Oleh: Endah Murwani. Universitas Multimedia Nusantara.

22.     Pencitraan Pondok Pesantren Dan Kearifan Lokal. Oleh: Erik Setiawan. Universitas Islam Bandung                                                                                                                                   

23.     Makna Logo Sebagai Cerminan Citra Perusahaan ( Studi Deskriptif Pada Logo Cirebon Televisi ). Oleh:  Heriyani Agustina/Farida Nurfalah/Popo Sutopo. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon                                                                                                                       24.      BahasaDaerahDanIndustriRadio. Oleh: Farid Rusdi.Universitas Tarumanagara, Jakarta                               

25.     Komunikasi Politik Soekarno:Membangun Dukungan Publik dengan Pendekatan Budaya. Oleh: Felix  Jebarus. STIKOM London School Publik Relations, Jakarta.

26.     Forum Komunikasi“ Rembug Desa  Ca- Blaka “ Dalam Mengelola  Hutan Berkelanjutan Di Banyumas . Oleh: Ch. Herutomo. Unsoed 

27.     Dialektika PanjangAtas Nilai-Nilai Lokal Dalam Ranah Iklan Indonesia. Oleh: G. Genep Sukendro -Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara .

28.     Local Culture-based Strategy on Public Relations Activities For Building Good Corporate Image. Oleh: Glorya Agustiningsih. Institut Bisnis dan Informatika Indonesia

29.     Kota Baubau Sebagai  Warisan Sebuah Peradaban Yang Lestari Dalam Kearifan Lokal Masyarakat Buton. Oleh: Hadiati. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta.

30.     Integrasi dan internalisasi nilai kearifan lokal dalam propaganda kampanye politik dan citra diri. Oleh: Hascaryo Pramudibyanto – FISIP UT.

31.     Peranan Prajuru Desa Dalam Penyelesaian Sengketa Perebutan Tanah Kuburan (SETRA) (Studi Kasus Di Desa Pakraman Kerobokan Dan Desa Pakraman Padang Sambian). Oleh: I Made Dedy Priyanto,I Wayan Suandi, Dewi Bunga,I Wayan Novy Purwanto. Udayana. Bali                         

32.     Membangun Inovasi Pengembangan Strategi Humas Melalui Kearifan Lokal. Intan Kemala, M. Si . Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

33.     Potensi Pengiklan Lokal Peluang Serta Tantangan Dalam Periklanan Radio. Oleh: Isbandi Sutrisno.  FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

34.     Kain Bentenan: Proses Pembentukan Identitas Budaya di Sulawesi Utara   Oleh: Leviane Jackelin Hera Lotulung.                                                                                             Instansi Universitas Sam Ratulangi Manado                                                                                                                                    

35.      Menggagas Pariwisata Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal. Oleh: Joko Sutarso. UMS. Surakarta                

36.     Citra Bangsa  dalam Bingkai Media. Oleh: Kiki Zakiah. Unisba. Bandung                     

37.     Transformasi Manusia Indonesia Di Era Globalisasi Melalui Strategi Kehumasan “Wawasan Budi Luhur”Studi Kasus Pada Universitas Budi Luhur Jakarta.                                                                                                                             Oleh:Liza Dwi Ratna Dewi,  Umaimah Wahid.

38.     Lokalisme vs Globalisme (Menjadi Global Tanpa Kehilangan Identitas Lokal). Oleh: Masrukin. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

39.     Menjadikan Budaya Lokal Sebagai Komoditas Media Secara Arif:  Analisis Kritis Terhadap Komodifikasi Wayang dalam Opera van Java. Oleh: Mite Setiansah                                                                                                                                   FISIP Unsoed.

40.     Kipprah Radio Komunitas Dalam Pemberdayaan Masyarakat Oleh: Mochamad Rochim. Fikom Unisba                                                                                                                             

41.     Pencitraan Media Dalam Peristiwa Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100. Oleh: Muh. Bahruddin.  Program Studi Desain Komunikasi Visual STIKOM Surabaya                          

42.     Menolak Pemekaran untuk Mempertahankan Sebuah  Adat Istiadat  : Sebuah Upaya Komunikasi Politik  dan Diplomasi Berbasis Kearifan Lokal  dari  Masyarakat Desa Lapandewa Sulawesi Tenggara. Oleh:  M. Najib Husain Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara.

43.     Pencitraan: Sebuah Tinjauan Filsafat Komunikasi. Oleh: Nana Sutikna. Unsoed. Purwokerto                     

44.     Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Iklan. Oleh: Anne Maryani, Nurrahmawati . Universitas Islam Bandung

45.     Consumer Imagery berbasis Kearifan Lokal pada Institusi Pemerintah    Oleh: Prima Mulyasari Agustini. Universitas Islam Bandung.

46.     Fashion Sebagai Pencitraan Diri Dan  Identitas Budaya. Oleh:Rahmadya Putra Nugraha. UMB                    

47.     MediaDanPersepsiMasyarakatTerhadapIslamOleh: Rasyuqa Asyira Hafiidh Program Studi Desain Komunikasi Visual  STIKOM Surabaya.

48.     DayaTarik Emosional Iklan Berbalut Budaya                                                                                    Ratih Hasanah  Institut Manajemen Telkom (IMT) Bandung.

49.     PencitraanPemerintah Daerah Dengan Menggunakan Game On-Line Yang Berbasiskan Kearifan Lokal. Oleh:Rini Darmastuti. Universitas Kristen Satya Wacana.

50.     Kearifan Lokal Ssebagai Citra Diri Perempuan Sunda  Dalam  KomunikasiPada Kegiatan Pemberdayaan (Studi Fenomenologi pada Pelaksanaan P2KP di Kab. Bandung). Oleh: Rini Rinawati. Unisba                         

51.     Cara Berhukum Orang Banyumas Dalam Pengelolaan Lahan Pertanian(Studi Berdasarkan Perspektif Antropologi Hukum). Oleh: Rini Fidiyani dan Ubaidillah Kamal. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang.

52.     Mencari Bentuk Kampanye Politik Khas Indonesia: Pencitraan Berbasis Dimensi Budaya. Oleh:  Riris Loisa & Yugih SetyantoFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara         

53.     Filosofi Tungku Tigo Sajarangan  dalam Sistem Pemerintahan Sumatera Barat. Oleh: Rita Gani. Fikom Unisba                                                                                                                                

54.     Pola Komunikasi Humas Pemda DKI Jakarta Dalam Menyosialisasikan Program EnjoyJakarta!     (Studi Kasus Pada Kota Jakarta melalui program Enjoy Jakarta!). Oleh: Riyodina G. Pratikto. Universitas Budi Luhur, Jakarta

55.     Strategi Dinas Komunikasi  Dan Informatika Pemerintah KotaBandung Dalam Melakukan City Branding Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Pembangunan Sektor Pariwisata di Kota Bandung, Jawa Barat). Oleh:  Shinta Kristanty - Doddy Wihardi. Universitas Budi Luhur

56.     Kearifan LokalDi Era Global. Oleh: Oleh: Shinta Prastyanti. Unsoed                           

57.     Menggagas Isu Kebutuhan Lokal Perempuan sebagai Materi Kampanye Calon dalam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2013. Oleh:  Sofa Marwah. Unsoed                             

58.     Potensi Kearifan Local sebagai Salah Satu Sumber Soft Power  untuk MendukungDiplomasi Indonesia. Oleh: Sri Wijayanti,S.IP, M.Si. Unsoed.

59.     Pariwisata BanyumasMenyambut Visit  Jateng 2013. Oleh: Muh. Sultan. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

60.     Bhineka TunggalIka : Pencitraan Semata? Oleh: Suzy Azeharie   Universitas Tarumanagara                          

61.     Persepsi Pengajar Bahasa Inggris Terhadap Pengajaran Bahasa Menggunakan Metode Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Barat (Studi Kasus Di STAIN Purwokerto). Oleh: Syaifur Rochman,  Universitas Jenderal Soedirman.

62.     Kearifan Lokal Dalam Pencitraan Institusi Berbasis Kinerja. Oleh: Teguh Ratmanto. UNISBA                         

63.     Kearifan Lokal Dalam Pencitraan Institusi Pemerintah Sebagai Lembaga Pelayanan Publik.Oleh:Tia Muthiah Umar. Unisba .

64.     Membangun  Strategi Kehumasan Berbasiskan Kearifan  Lokal “TUNJUK AJAR MELAYU” Dalam Upaya Meminimalisir Konflik.  Oleh: Titi Antin. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau                            

65.     Strategi Mengemas Identitas Lokal dalam Pengembangan TV Lokal Oleh: Tri Nugroho Adi. Universitas Jenderal Soedirman

66.     ASEAN Socio-Cultural Community; Peluang Bagi Pengembangan Diplomasi Berbasis Kearifan Lokal Oleh: Tundjung Linggarwati. Unsoed.

67.     CulturalProduction: PeranMediaPadaProduksiBudayaMassaOleh: Tuti Widiastuti. Universitas Bakrie. Jakarta.

68.     MendongengMenggunakan Bahasa Banyumas Dalam Pendidikan Pra-Sekolah Sebagai Salah Sstu Metode Mempertahankan Kearifan Lokal. Oleh: TUTUT LARASWATI. Universitas Jenderal Soedirman                   

69.     Kontruksi Nilai-Nilai Kelyuarga Indonesia Dalam  Strategi Iklan (StudiTVC Pepsodent Versi “AYAH ADI DAN DIKA”). Oleh: Elisabeth Novena Winarta, Widayatmoko . Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

70.     Makna Corporate Social Responsibility Bagi Praktisi Public Relations Di Bandung. Oleh:  Yanti dan Lukiati. UNPAD.

71.     Citra Jurnalis Indonesia. Oleh: Yenni Yuniati. Unisba

72.     Komodifikasi budaya lokal dalam iklan: analisis semiotik pada Iklan Kuku Bima Energi Versi Tari Sajojo. Oleh: Yoyoh Hereyah. Dosen Komunikasi Universitas Mercubuana Jakarta                             

73.     Strategi Komunikasi Melalui Pendekatan Kelompok-kelompok Etnis Lokal (Studi mengenaicommunity relations di PT Pupuk Kaltim)  Oleh: Yugih Setyanto,  Riris Loisa. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

74.     Jakarta Punya!:Program Pengembangan Branding Jakarta Dengan Kearifan Lokal Industri Kreatif Oleh: Yuliandre Darwis Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Andalas                    

75.     Memadukan Kearifan Lokal dan Modernitas dalam Pencitraan Suatu Bangsa : Studi Analisis Visual pada Majalah Nipponia No. 35/2005 Oleh: Yusida Lusiana dan Wisnu Widjanarko Universitas Jenderal Soedirman                                                                                                                           

76.     Surabaya City Guide: Media Informasi Budaya Surabaya Oleh: Yustiana C, Makdalena Fransilia, Camelia Ayu, Theresia Intan Unika Widya Mandala. Surabaya.

77.     PamaliSebagai Nilai Tradisional Pencitraan Publik Figur Masyarakat Banjar.   Oleh: Zulfa Jamalie, Juhriyansyah Dalle. Insititut Agama Islam Negeri Antasari

78.     Representasi  Kearifan Local dalam Film  Di Timur Matahari oleh Indiwan Seto Wahyu Wibowo Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara

79.     MeningkatkanKejujuran Sebagai Nilai Positif Industri Pariwisata. Oleh : Dra. Sri Pangestuti, M.Si. Unsoed                                                                                                                            

80.     KearifanLokal dalam Industri Hiburan Televisi Indonesia. Oleh: Wiwik Novianti. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.