Belajar Media Bersama Himakom

Sebagai salah satu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di FISIP Unsoed, HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi) saat ini sedang melakukan program pemberdayaan mahasiswa. Program kerja ini merupakan tindak lanjut dari tujuan organisasi yaitu sebagai wadah pemberdayaan dan pengembangan minat bakat mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.

Program kerja terbaru ini mengambil nama HIPS, Himakom Internsip Programs dan diikuti oleh seluruh mahasiswa komunikasi angkatan 2012. Pada kegiatan ini para peserta diajak untuk mengembangkan kreativitasnya dalam bidang komunikasi khususnya media.

 

©1967,1987,2007 Phil Bartle

HIPS dibagi dalam empat bidang yaitu jurnalistik, film, fotografi dan iklan. Bidang-bidang tersebut merupakan beberapa media yang juga dipelajari di perkuliahan jurusan ilmu komunikasi Fisip Unsoed.  Peserta HIPS tidak hanya belajar praktek pembuatan media, mereka juga belajar mengenai teori-teorinya terlebih dahulu. Dengan didampingi oleh pengurus Himakom, peserta diajak berdiskusi dengan para praktisi media dan juga dosen mata kuliah terkait.

Secara umum, masing-masing bidang membuat tahapan belajar mereka sendiri. Mulai dari materi dasar, penentuan tema, hingga tahap produksi media. Puncaknya akan digelar acara untuk apresiasi karya para peserta dengan mengundang semua mahasiswa khususnya mahasiswa komunikasi. Hingga saat ini setiap bidang sudah mencapai tahap penemaan, yaitu pembuatan tema yang akan diangkat dalam produksi masing-masing bidang nantinya.  Selain untuk pemberdayaan anggota Himakom yang dalam hal ini adalah mahasiswa komunikasi angkatan 2012, HIPS juga merupakan bentuk pemberdayaan bagi pengurus Himakom karena mereka juga turut serta dalam setiap proses yang dialami peserta(asta/tna) .

Gb Ilustrasi :©1967,1987,2007 Phil Bartle