Mengenal Netpreunership Bersama bukalapak.com

Bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, bukalapak.com bekerjasama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed menggelar seminar yang mengusung tema Netpreunership. Seminar yang diadakan pada Kamis, 19 Juni 2014 menghadirkan pembicara utama Muji Burokhman dari bukalapak.com. Membuka seminar yang dihadiri sekitar 110 mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Ali Rokhman, Ph.d selaku Dekan Fisip Unsoed mengatakan, “Setiap menitnya belanja online global tercatat sebanyak 3,1 Milyar pengguna. Fakta tersebut menguatkan tingginya fenomena efektifitas beriklan melalui internet khususnya social media”.

Di sesi awal seminar, Muji menjelaskan mengenai definisi secara umum “netpreunership”. “Untuk menjadi netpreunership, dulu orang itu harus punya website dahulu. Saat ini, dengan berkembangnya internet akan lebih memudahkan seseorang dalam mengembangkan usahanya melalui media sosial”, terang Muji. Tak hanya itu, Muji juga memaparkan bagaimana kiat menjadi Netpreunership dan memulai sebuah bisnis online. Menurutnya, yang pertama kali harus dilakukan dalam memulai bisnis online adalah menentukan produk yang akan dijual dan disesuaikan dengan kemampuan kita. Setelah menentukan produk barulah kemudian memilih toko online yang aman bagi seller dan buyer. Selain itu, pemilihan suplier atau toko juga penting untuk kerjasama yang terpercaya. Yang terakhir, manfaatkan media sosial untuk promosi dan penyebarluasan produk.

Antusiasme peserta dalam mengikuti seminar yang berjalan serius tapi santai juga cukup tinggi. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab yang berlangsung di tengah seminar. Salah satunya adalah Fachry, ia menanyakan “keuntungan apa yang didapatkan dari bukalapak.com sendiri?”. Menanggapi pertanyaan tersebut, Muji mengatakan “kita mendapatkan iklan, juga ranking untuk lebih mengingkatkan iklan.”

Setelah dua jam berlalu, seminar ini ditutup dengan pemberian voucher belanja dari bukalapak.com kepada dua orang penanya terbaik. Muji mewakili bukalapak.com berharap seminar ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk ikut meramaikan dunia netpreneurship. (Humas/049)